Kamis, 22 September 2011

PIK 3


DEFINISI INTEL ATOM
Intel Atom merupakan brand untuk CPU atau processor x86 dan x86-64 dari Intel, sebelumnya bernama kode Silverthorne dan Diamondville, dirancang bagi suatu proses CMOS 45 nm dan ditujukan untuk penggunaan dalam MID, smart phone dan Ultra-Mobile PC, termasuk pada aplikasi portable dan low-power. Processor ini banyak digunakan pada Netbook. Karena ditargetkan bagi konsumsi low power (bukan fokus pada kinerja) maka hasil benchmark Intel Atom secara signifikan lebih rendah daripada processor yang dirancang untuk penggunaan laptop dan desktop. Benchmark yang dilakukan oleh Intel menyebutkan bahwa Atom mempunyai kebolehan total sekitar “setengah kinerja ” dari processor Celeron 430 1.8 GHz.
Intel Atom merupakan salah satu andalan Intel dalam pengembangan processornya selama ini. Dirancang dengan teknologi terbarunya 'hafnium infused 45 nanometer high-k silicon' yang lazim disebut teknologi 45 nanometer, Intel merancang processor Intel Atom sebagai processor ekonomis, yang tidak hanya hemat energi, namun juga hemat space karena ukurannya hanya 26 milimeter persegi. Untuk konsumsi daya, Intel menggolongkan processor ini sebagai processor hemat energi, dengan hanya memakan daya kurang dari 1 Watt hingga 2,5 Watt, sehingga cocok untuk ditanamkan pada perangkat mobile divice karena hemat energi.

Processor Intel Atom yang terdiri dari 47 juta transistor di dalamnya ini, juga memiliki FSB (Front Side Bus) dengan kecepatan sampai 533 MHz, selain juga mendukung multi-threading.
Produk perangkat bergerak seperti netbook dan nettop yang beredar saat ini sudah ada yang dilengkapi dengan Intel Atom, netbook adalah sebuah perangkat yang mirip dengan notebook hanya saja berukuran lebih kecil dan digunakan khusus untuk berinternet. contohnya Asus Eee PC 901, MSI Wind, Axioo Pico dan Acer Aspire One. sedang nettop dibuat untuk berinternet juga hanya saja nettop bukan perangkat bergerak, nettop tak ubahnya desktop hanya saja fungsinya khusus untuk berinternet.
Intel Atom ini menggunakan desain arsitektur yang benar-benar baru, jadi tidak mengadaptasi arsitektur prosesor yang sudah ada. selain hemat energi Atom juga memberikan performa yang baik untuk berinternet, Intel Atom memiliki FSB (Front Side Bus) dengan kecepatan sampai 533 MHz, prosesor ini juga mendukung multi-threading. Performa multimedia dan game juga digenjot dengan adanya dukungan untuk Streaming SIMD Extensions 3 (SSE3). Tetapi jangan harap game tiga dimensi bisa berjalan mulus di perangkat Atom. karena Atom memang dibuat bukan untuk main game, melainkan untuk berinternet.
Sebelum Atom diluncurkan, Intel mengumumkan dua prosesor baru dengan nama kode Silverthorne (Atom Z) dan Diamondville (Atom N). prosesor yang pertama dibuat untuk perangkat UMPC yaitu ultra-mobile PC. sedang prosesor kedua dibuat untuk netbook atau notebook kelas hemat.
Intel Atom dengan sistem luas penampang, katakanlah casingnya yang kecil, pasti akan memangkas habis kemampuan sebuah netbook. Dan sampai saat ini belum ada satupun netbook yang bisa menandingi sebuah neotebook, di dalam dunia komputer mengenal urutan kemampuan sebuah komputer, notebook pun sebenernya tidak bisa menggantikan komputer, notebook hanya untuk mobile walau masih mampu menjalankan software namun bukan kelas berat layaknya video editing atau game online, sekalipun ada itu harganya sudah keterlaluan dan tak sebanding dengan harga komputer kelas wahid. Tapi bagaimanapun juga belum pernah ada kemampuan sebuah notebook mengalahkan komputer desktop berapapun tinggi kemampuan dan harganya. Saya sering mengatakan komputer desktop=/=notebook, karena notebook dimunculkan dengan memangkas kemampuan komputer desktop. Pemangkasan yang paling kentara adalah pada kemampuan prosesor itu sendiri. Secara umum notebook itu kemampuannya sepertiga dari komputer desktop, dan notebook merupakan sub computer. Lalu bagaimana dengan netbook, netbook adalah sub notebook, sebuah notebook yang dipangkas habis kemampuannya. Jadi notebook =/=netbook. Anda pasti bisa menarik kesimpulan tersebut.

Beberapa kelebihan prosesor Intel Atom adalah :
  1. Harga sangat terjangkau, apalagi untuk versi dekstop sudah paketan dengan motherboardnya sekalian
  2. Tidak bising, karena beberapa versi tidak menggunakan pendingin aktif seperti kipas, tetapi hanya menggunakan heatsink saja
  3. Menggunakan perangkat baru untuk lebih mengefisienkan daya dengan performa yang baik sekali yang digunakan oelh seluruh teknologi baterai hafnium-infused 45nm high-k silicon yang baru
  4. Kenaikan efisiensi daya dalam desain baru yang lebih kecil sehingga daya yang digunakan kurang dari 1W hingga 2.5 watts untuk penggunaan perangkat mobile
  5. Memperpanjang umur baterai ketika waktu idle sehingga membuat daya yang digunakan relatif sangat kecil yang membuat perangkat tetap memiliki daya dan juga akan mengawetkan energi
Secara keseluruhan berdasar pada microarsitektur yang baru, prosesor Intel® Atom™ dibuat secara spesifik untuk sasaran performa dan penggunaan daya yang kecil (low power) ketika menggunakan seluruh microarsitektur instruction set compatibility dari Intel® Core™. Intel® Atom™ processor juga mendukung berbagai thread untuk performa dan peningkatan sistem yang lebih baik.
Kelemahan :
  1. Jika terjadi kerusakan akan membutuhkan biaya yang relatif mahal, karena prosesor dan motherboard terdapat dalam 1 paket. (rusak 1 harus ganti keduanya)
  2. kinerja rendah
  3. tidak multicore Kekurangan
  4. hanya cocok digunakan untuk kalangan terbatas saja (tidak untuk gamer, design grafis, video editing, dll).

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar